RSS

Inheritance dan Contohnya

08 Oct

Sebenarnya inheritance sudah dibahas di bab sebelumnya di karakteristik OOP, namun disin saya akan menjelaskan sekaligus memberi contoh program inheritance

inheritance  adalah kemampuan untuk menciptakan sebuah kelas baru dari kelas yang ada . Anda dapat menambahkan perangkat tambahan untuk kelas yang ada tanpa memodifikasi kelas yang asli  dengan  menciptakan kelas baru yang mewarisi dari kelas yang ada , Anda dapat menambahkan atau memodifikasi variabel kelas dan metode . Misalnya, setiap bentuk yang Anda buat diwariskan dari, atau berasal dari , kelas Formulir yang sudah ada . Kelas yang asli dikenal sebagai kelas dasar , superclass , atau kelas induk . Kelas yang diwarisi disebut subclass , kelas turunan , atau kelas anak . Tentu saja, kelas baru dapat mewarisi dari subclass – subclass yang menjadi superclass.Perhatikan dengan seksama pada baris pertama dari file kelas untuk bentuk :

public partial class Form1 : Form

Kelas dasar adalah Bentuk dan Form1 adalah kelas turunan. kelas mewarisi telah  adalah sebuah hubungan dengan kelas dasar. Pada contoh bentuk, yang baru Form1 “adalah” Formulir.

Tujuan sebenarnya dari inheritance  Anda mungkin perlu untuk menggunakan kembali atau  mendapatkan fungsi dari satu kelas atau objek bila Anda memiliki situasi lain yang serupa . Form1 kelas baru yang Anda buat memiliki semua karakteristik dan tindakan kelas dasar , System.Windows.Forms.Form . Dari sana Anda
dapat menambahkan fungsionalitas untuk bentuk baru Anda sendiri . Kelas-kelas lain yang Anda miliki kembali beberapa kali adalah kelas Button dan kelas TextBox . Anda dapat membuat Anda sendiri hirarki kelas . Anda menempatkan kode yang Anda inginkan menjadi umum di kelas dasar . Anda kemudian membuat kelas lain dari itu , yang mewarisi metode kelas dasar . Konsep ini sangat membantu jika Anda memiliki fitur yang mirip dalam dua kelas . Daripada menulis dua kelas yang hampir identik, Anda dapat membuat basis kelas yang berisi metode yang serupa .Contoh menggunakan kembali kelas bisa menjadi kelas Person , di mana Anda  mungkinmemiliki sifat untuk nama, alamat , dan nomor telepon . Kelas Orang bisa kelas dasar , dari mana Anda berasal kelas Karyawan , kelas pelanggan , atauSiswa kelas ( Gambar 12.1 ) . Kelas-kelas yang berasal dapat memanggil metode dari kelas dasar dan mengandung metode yang unik untuk kelas turunan . di warisan, biasanya kelas pergi dari umum ke yang lebih spesifik .

Bila Anda membuat kelas, kelas baru dapat didasarkan pada kelas lain. Anda dapat membuat kelas baru mewarisi dari salah satu NET kelas yang ada. atau dari salah satu kelas Anda sendiri. Ingat bahwa formulir menggunakan warisan menggunakan pernyataan

Inheritance Properties dan Metode
Saat menulis kode untuk sebuah kelas turunan, Anda dapat referensi semua publik dan dilindungi anggota data dan metode dari kelas dasar. Jika Anda ingin diturunkankelas untuk memiliki implementasi yang berbeda untuk metode dasar kelas, Anda harus menulis metode di kelas turunan yang menimpa metode dasar kelas.
Di masa lalu Anda telah menggunakan kata kunci publik dan swasta. Anda juga dapat mendeklarasikan elemen dengan kata kunci yang dilindungi, yang menentukan bahwa elemen dapat diakses hanya dalam kelasnya sendiri atau kelas turunan dari kelas tersebut.

Contohnya

ContohInheritance1ContohInheritance2

Dan jika dijalankan maka hasilnya menjadi

ContohInheritanceDebug

selamat mencoba bro’ and sis😀😀

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: