RSS

Object dan Cara Membuatnya

08 Oct

Object

Setiap objek memiliki dua karakteristik yaitu Attribute dan Method. Attribute merupakan identitas atau informasi objek itu sendiri atau disebut juga sebagai variable, sedangkan Method adalah tingkah laku atau apa yang dapat dilakukan oleh objek itu. Object adalah instance dari class. Jika class secara umum merepresentasikan (template) sebuah object, sebuah instance adalah representasi nyata dari class itu sendiri. Banyak orang  menggunakan analogi kue untuk menggambarkan hubungan dari kelas dan objek . Cetakan kue  adalah kelas . Anda tidak bisa makan cetakan kue , namun Anda dapat menggunakannya untuk membuat kue , kue adalah objek. Ketika Anda membuat kue menggunakan cetakan kue , Anda instantiate kelas kue , menciptakan objek dari kelas . Anda dapat menggunakan cetakan kue yang sama untuk membuat berbagai macam kue . Meskipun semua kue yang dibuat akan memiliki bentuk yang sama , beberapa mungkin cokelat , yang lainnya adalah lemon , atau vanili , beberapa mungkin berwarna buram atau diberi taburan di atasnya . Karakteristik kue , seperti rasa dan topping , yaitu properti dari objek .

Cara Membuat Object

  1. Buatlah project baru di netbean, jika sudah buatlah kelas baru bernama Luas Lingkaran .Image
  2. Kita berikan atribut/variabel, kita pikirkan apa yang diperlukan untuk mencari Luas Lingkaran seperti jari-jari, maka kodekita menjadi :

Image

3.lalu kita berikan dia keahlian, yak benar method!!!! sementara ini bisanya si lingkaran ini hanya berkenalan hehe,   kode program kita akan tampak seperti ini

Image

4.Anda sudah memiliki Lingkaran dengan jari-jari dan juga kemampuan untuk menghitung luas lingkaran .Lalu apakah kita bisa mengeksekusinya ??? belum.. kenapa? Karena anda butuh sosok nyata dari seorang Lingkaran yang kita sebut OBJEK. Nah untuk membuat objectnya anda memerlukan sebuah method special yang disebut method konstruktor. Seperti namanya konstruktor ini bertugas mengkonstruk, atau menciptakan sebuah objek dari kelas tertentu, aturan pembuatan konstruktor adalah

–          nama konstruktor harus sama dengan nama kelas

–          sebuah kelas bisa terdiri dari satu atau beberapa konstruktor.

–          Jika kontruktor tidak anda buat, maka java akan membuatkan kostruktor default dengan nama NamaKelasAnda(){}

–          sebaiknya anda deklarasikan saja agar sesuai ingin anda.

Baiklah mari kita buat, berikut kodenya

Image

5.Selanjutnya adalah menjalankannya, horeee  .., tahapannya adalah menciptakan object dengan cara menuliskannya dalam method main sebagai berikut

Image

 6. Nah,programnya akan menjadi seperti

ImageImageImageImage

Pemrog. Berorientasi Objek **, Pertemuan Ke-3 Noviyanto, ST

Bradley−Millspaugh • Programming in Visual C# 2008

 

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: