RSS

Private, Public, dan Protected serta Konstruktor

08 Oct

Private, protected, dan public

Public digunakan apabila kita menginginkan semua variable dalam Class tersebut dapat di akses dari Class manapun. Atau variable yang  dapat di akses pada semua kelas yang menggunakan kelas yang berisi variabel tersebut.

Sedangkan Private hanya dapat digunakan dalam Class yang sama saja dan dapat diakses oleh metode-metode dalam kelas itu sendiri.

Protect variable adalah variable dari kelas dasar dapat diakses oleh anggota kelas dasarserta anggota kelas turunan. Fungsi Protected ini sama dengan Private, hanya dapat digunakan dalam Class yang sama.

Secara teori, Anda bisa menyatakan semua variabel sebagai public sehingga semua kode proyek lain bisa menetapkan dan mengambil nilai-nilai mereka . Namun, pendekatan ini melanggar aturan enkapsulasi yang membutuhkan setiap objek untuk bertanggung jawab atas data sendiri . Enkapsulasi dapat digunakan untuk menyembunyikan data . Untuk menyembunyikan data, Anda akan mendeklarasikan semua variabel di class sebagai pribadi atau dilindungi . Variabel dilindungi dan  berperilaku sebagai pribadi ,tetapi tersedia di setiap kelas yang mewarisi dari kelas ini . private  atau variabel dilindungi , nilai hanya tersedia  untuk metode dalam kelas,cara yang sama bahwa variabel tingkat kelas privat tersedia hanya untuk metode dalam kode kelas form . Anda dapat menciptakan metode dari kelas baru dengan pengkodean metode umum dalam kelas .Setiap metode yang Anda nyatakan dengan kata kunci private hanya tersedia dalam kelas yang sama . Setiap metode yang Anda nyatakan dengan kata kunci public tersedia untuk objek-objek eksternal diciptakan dari kelas tersebut atau kelas lainnya,  dan metode yang Anda nyatakan dengan kata kunci protected  berperilaku seperti private di kelas dan setiap kelas yang mewarisi dari itu .

Konstructor

Konstructor merupakan method khusus yang digunakan untuk menginisialisasi objek, dan tiap class boleh memiliki lebih dari satu constructor. Perbedaan method biasa dengan constructor adalah bahwa constructor harus  memiliki nama yang sama dengan nama class-nya dan tidak memiliki nilai  kembalian.Constructor dijalankan pada saat sebuah objek diinisialisasi  (menggunakan kata new). Pada constructor juga berlaku overloading, artinya  boleh mendeklarasikan lebih dari satu constructor, asalkan memiliki parameter yang berbeda.Konstruktor dijalankan secara otomatis ketika Anda membuat sebuah instance (objek) kelas. Karena metode konstruktor mengeksekusi sebelum kode lainnya di kelas, konstruktor adalah lokasi yang ideal untuk setiap tugas inisialisasi yang perlu melakukan, seperti pengaturan nilai awal variabel dan properti.Konstruktor harus terbuka untuk umum karena objek yang Anda buat harus menjalankan metode ini.Catatan: Jika Anda tidak menulis konstruktor untuk kelas, compiler menciptakan implisit konstruktor default, yang memiliki daftar parameter kosong. Jika Anda menulis konstruktor, default constructor compiler yang disediakan tidak tersedia lagi.

 

Sumber :

Pemrog. Berorientasi Objek **, Pertemuan Ke-3 Noviyanto, ST

Bradley−Millspaugh • Programming in Visual C# 2008

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: